Penyakit Ayam Broiler
Source : Pexels - Jason Leung

Penyakit Ayam Broiler

Posted on

Agar usaha Peternakan pedaging anda tidak rugi, salah satu hal yang harus anda lakukan adalah mengetahui mengenai jenis penyakit ayam broiler yang mungkin menyerang.

Dengan mengetahui jenis penyakit yang menyerang, kita bisa mencari solusi dari serangan penyakit ayam ini. Apa saja?

Ulasan Penyakit Ayam Broiler

Penyakit Gumboro

Merupakan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh ayam. Penyakit ini sangat parah dan ditandai dengan penampakan ayam yang letih, kusam, tidak bergairah dan memiliki dubur yang kotor. Karena menyerang sistem kekebalan, banyak yang mengatakan bahwa penyakit ini merupakan penyakit AIDS nya Ayam.

Beberapa penyebab terserangnya penyakit ini ialah :

  1. Kepadatan populasi ayam dalam kandang. Sirkulasi udara yang mempengaruhi kualitas udara yang buruk dalam kandang dapat memicu penyakit ini menyerang. Selain itu waktu vaksinasi pada umur akhir minggu pertama ataupun pada umur minggu kedua awal juga ikut mempengaruhi serangan penyakit ini.
  2. Serangan kumbang Franky. Kumbang ini merupakan salah satu serangga yang sering menebarkan virus Gumboro, ND dan AI. Sering bersembunyi di tempat lembab dalam area kandang dan berkelompok. Lokasi yang disukai serangga ini pada kotoran ayam dan juga dapat menempel pada pakan ayam. Serangga ini aktif pada malam hari.
  3. Kurangnya sanitasi dan desinfeksi kandang.
Penyakit Ayam Broiler
Source : Pexels – Jason Leung

Penyakit Tetelo

Penyakit tetelo ini tidak kalah berbahayanya dengan penyakit gumboro. Pasalnya ia menyebar diantara hewan ternak dengan sangat cepat. Penyakit ini juga sering di salah artikan dengan penyakit flu burung karena memang memiliki penampakan yang mirip. Jenis penyakit ini sering menyebabkan kerugian yang besar pada peternak yang tidak memberikan vaksin untuk hewan ternaknya.

Dalam rangka penanggulangan dan pencegahan penyakit ini dapat dilakukan dengan upaya :

  1. Memisahkan ayam yang terindikasi terkena penyakit ini dalam kandang terpisah agar tidak menular ke ayam yang lain.
  2. Vaksinasi pada ayam sehingga dapat diperoleh imun dan kekebalan tubuh.
  3. Pemberian antibiotik yang dapat mengobati infeksi sekunder akibat kuman. Pemberian antibiotik dapat diberikan bersama dengan multivitamin sehingga stamina ayam dapat segera pulih.

Flu Burung

Merupakan penyakit yang menyerang pernafasan dari unggas. Penyebabnya adalah virus flu burung itu sendiri. Penyakit ini juga dapat menular bahkan tidak hanya pada hewan unggas tapi juga pada manusia. Penularan pada manusia tidak kalah berbahaya karena dapat menyebabkan kematian.

Stunting

Satu lagi penyakit yang menyerang hewan ternak ayam, ia adalah penyakit stunting. Penyakit ini sering ditemukan baik pada ayam layer atau broiler pada 1 bulan pertamanya. Biasanya ditandai dengan sistem pencernaan yang gagal, menyebabkan penyerapan nutrisi yang kurang maksimal dan pada akhirnya menyebabkan kekerdilan dan kegagalan pertumbuhan pada hewan dalam Peternakan.