Pexels - Pixabay

4 Inspirasi Usaha Home Industry Modal Kecil

Posted on

Home industri merupakan usaha rumahan yang sering dikembangkan oleh sebagian masyarakat. Biasanya, usaha yang dibangun merupakan hasil dari ide kreatif berdasarkan kondisi lingkungan setempat. Berikut ini sedikitnya ada 4 jenis inspirasi usaha home industry dengan modal minim yang dapat dikembangkan.

Inspirasi Usaha Home Industry Modal Kecil

Daur Ulang Sampah

Usaha daur ulang membutuhkan modal alat pengolahan dan bahan yang hendak diolah berupa sampah atau barang-barang tidak terpakai. Prosesnya dimulai dari pemilahan sampah untuk memudahkan proses pengolahan. Usaha ini memerlukan daya kreatifitas yang tinggi untuk menciptakan produk baru dari barang bekas.

Produk Dari Kain Perca

Selain daur ulang sampah, kain perca pun dapat diolah menjadi produk seni baik seni murni maupun seni terapan. Namun, tentu saja memerlukan ide kreatif. Beberapa jenis produk yang dapat dihasilkan di antaranya keset, tas, sarung bantang, sprei dan aneka kerajinan lainnya.

Meski diolah dari potongan-potongan kain, hasilnya justru menjadi unik dan berwarna. Nilai jualnya pun cukup bagus. Kerajinan ini bisa menjadi alternatif inspirasi usaha home industry dan bisa dikembangkan hinggu usaha konveksi yang lebih besar lagi.

Kue Ulang Tahun

Industri rumahan yang satu ini bisa dikerjakan sendiri dan menjadi salah satu sumber pendapatan ibu rumah tangga. Biasanya, jenis kue bisa direquest sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Keahlian membuat kue pun bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan. Jika usaha sudah semakin berkembang, bisa dilanjutkan dengan merekrut karyawan dan membuat toko kue.

Inspirasi Usaha Home Industry
Pexels – Pixabay

Industri Abon Lele

Abon merupakan jenis makanan yang banyak disukai oleh masyarakat. Biasanya abon terbuat dari bahan baku daging sapi. Namun, perkembangan ide semakin meningkat dan bisa memanfaatkan daging ikan lele yang jauh lebih ekonomis.

Baca juga : Budidaya Ikan Lele di Rumah

Ikan lele bisa diberdayakan sendiri atau dengan mencari suplai dari para petani ikan lele, sehingga terbentuk suatu ekosistem ekonomi yang  saling menguntungkan. Jenis usaha semacam ini akan meningkatkan perkembangan ekonomi suatu wilayah. Selain dapat dijual sebagai lauk, abon lele juga layak dijadikan oleh-oleh sehingga pangsa pasarnya pun cukup luas.

Keempat usaha rumahan di atas membutuhkan modal yang relatif kecil namun mampu menghasilkan keuntungan yang cukup tinggi.