Peternakan Sapi di Indonesia

Kiat Membangun Peternakan Sapi di Indonesia

Posted on

Sektor peternakan adalah salah satu sektor yang sangat potensial di Indonesia. Mengingat harga hewan ternak dan hasil yang diberikannya memang bernilai tinggi. Oleh karena itu Anda pastinya juga tertarik untuk membangun peternakan sapi di Indonesia.

Namun perlu Anda ketahui bahwa dibalik hasilnya yang bernilai tinggi itu maka dibutuhkan modal yang sama tingginya. Jika Anda ingin membuat peternakan sapi maka jangan hanya asal membuatnya.

Anda harus bisa membuat peternakan sapi yang unggul sehingga dengan demikian bisa memberikan hasil yang lebih baik dari peternakan yang lain. Untuk itu Anda membutuhkan kiat untuk membangun peternakan sapi di Indonesia.

Pembahasan Peternakan Sapi di Indonesia

Kiat Membangun Peternakan Sapi : Pemilihan Sapi Yang Baik

Tentunya ada banyak jenis sapi yang ada saat ini. Anda harus bisa memilih salah satu jenis sapi yang terbaik diantara yang terbaik. Tujuannya agar peternakan sapi di Indonesia yang Anda miliki kelak bisa menjadi peternakan unggulan.

Untuk memilih jenis sapi yang bisa dikembangkan tidak hanya dikarenakan tingginya harga jual. Hal lain yang juga dipertimbangkan ialah iklim dan suhu di peternakan yang akan dibangun nantinya. Karena ada beberapa jenis sapi yang tidak bisa berada pada iklim tertentu.

Anda juga harus memilih sapi yang disesuaikan dengan iklim dimana peternakanAnda akan dibangun nantinya. Anda juga harus mencari bibit sapi dari keturunan sapi yang berkualitas sehingga dengan demikian bisa memberikan anak sapi yang sehat.

Kiat Membangun Peternakan Sapi : Lokasi Peternakan

Agar sapi sehat dan terdapat banyak pakan ternak alami yang bisa diambil maka alangkah baiknya jika lokasi peternakan yang Anda pilih adalah di tempat dengan iklim yang sejuk sehingga dengan demikian sapi-sapi yang diternak bisa lebih sehat.

Di lokasi beriklim sejuk pun biasanya terdapat banyak lahan dengan rumput hijau yang bisa dijadikan sebagai tempat sapi merumput. Anda pun bisa memanfaatkan lahan subur itu untuk menanaminya dengan berbagai sayuran yang nantinya dijadikan sebagai pakan ternak basah.

Namun jika Anda terpaksa memilih peternakan di tempat yang suhunya panas maka Anda bisa memilih jenis sapi yang memiliki ketahanan terhadap berbagai iklim terutama iklim panas.

Sebaiknya juga lokasi peternakan itu bisa memudahkan Anda untuk mendapatkan kebutuhan air bersih untuk hewan ternak yang Anda pelihara.

Selain itu akan lebih baik lagi jika hewan ternak yang Anda pelihara itu dipelihara di lokasi yang jauh dengan rumah penduduk sehingga dengan demikian tidak mengganggu penduduk yang ada disekitar.

Kiat Membangun Peternakan Sapi : Pembuatan Kandang Sapi

Kiat membangun peternakan sapi selanjutnya yang juga perlu memperhatikan adalah kandang sapinya. Kandang sapi tidak hanya sekedar menjadi rumah bagi sapi yang diternak namun juga menjadi tempat Anda memberinya makan dan tempat pembibitan jika Anda juga memiliki tujuan untuk mengembangbiakkan sapi yang diternak.

Ada beberapa hal yang sangat penting untuk Anda perhatikan saat membuat kandang sapi yang pertama adalah pastikan sinar matahari pagi bisa menyinari kandang tersebutdari arah yang tepat, sehingga dengan demikian sebaiknya kandang sapi itu mengarah pada matahari terbit.

Sinar matahari pagi bisa membantu menghangatkandan menyehatkan tubuh sapi. Anda tentunya juga harus memperhatikan tentangukuran kandangnya, harus bisa memberikan ruang kepada sapi agar sapi bisa bergerak dengan bebas namun tetap tidak berlebihan dalam hal dananya.